Hari Stroke Sedunia 2021: Minutes Can Save Lives

by Oct 29, 2021Blog0 comments

Tema Hari Stroke Sedunia tanggal 29 Oktober 2021 ini adalah “Minustes can save live” atau “Setiap menit berharga” yang menekankan pentingnya mengenali gejala stroke, berani mengatakan “oke, ini gejala stroke”, kemudian SEGERA datang ke rumah sakit.

Hal ini merujuk pada penanganan stroke sumbatan yang bila datang ke rumah sakit dalam 4,5 jam dari gejala maka akan masuk kriteria pertama untuk dilakukan trombolisis, dengan pemberian obat penghancur sumbatan yang dapat diberikan lewat infus, dan bila datang dalam waktu 24 jam dari gejala maka akan masuk kandidat untuk dilakukan trombektomi, sebuah prosedur dengan kateter untuk menyedot gumpalan yang menyumbat pembuluh darah otak.

Kendala yang sering dijumpai adalah pasien datang setelah lewat dari periode waktu 4,5 jam dan 24 jam itu karena menunggu “siapa tahu” gejala akan hilang dengan sendirinya. Sayangnya ketika tidak membaik, waktunya sudah terbuang.

Kendala lain adalah tidak semua rumah sakit siap dengan TROMBOLISIS dan TROMBEKTOMI. Karena itu penting untuk tahu rumah sakit mana saja di daerahmu yang bisa mengerjakan 2 pilihan terapi utama untuk stroke sumbatan ini.

Kenali gejala stroke dengan SEGERA:
SE – Senyum tidak simetris atau mencong.
GE – Gerak, tangan dan kaki sulit digerakkan.
RA – Bicara yang mendadak cadel atau tidak jelas.
Bila menemui gejala di atas SEGERA ke rumah sakit terdekat.

#Minutescansavelive #setiapmenitberharga #HariStrokeSedunia

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.